ZIARAH KUBUR BAGI WANITA

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Karunia-Nya lah saya dapat dapat menyusun ( menulis ) artikel religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Mengenai ziarah kubur bagi wanita ini terdapat beberapa pendapat :
1. Sebagian Ulama mengatakan bahwa ziarah kubur bagi wanita adalah makruh, karena wanita pada umumnya tidak tahan membendung ratapan, sedang meratapi mayat itu haram.
2 Al Qurtubi mengatakan bahwa jika wanita itu dapat
menahan ratapan dan segala yang kurang baik, maka tidak ada halangan bagi berziarah kubur, karena mengingat mati itu sangat penting baik bagi wanita maupun pria.
3. Frof Dr Mahmoud Saltut, mengatakan bahwa jika ziarah kubur itu memenuhi adab atau tata cara syara’, maka hukumnya sunnah untuk dilakukan pria maupun wanita.
4. Menurut Al Anshari, ziarah kubur bagi pria kepada kubur orang Islam adalah sunnah, tetapi bagi wanita hukumnya makruh. Tetapi wanita yang berziarah kemakam Nabi SAW hukumnya sunnah, begitu pula kemakam para wali, ulama dan Nabi – nabi lain. Sama hukumnya dengan wanita, ialah ziarahnya orang banci.
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : FIQIH. Untuk Madrasah Aliyah. Oleh :Drs H. Moch Rifa’i dan Drs Rs Abd Aziz *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan: Www.hajisunaryo.com *
***
Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
***

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.