Ucapan (Kata/Kalimat) Yang Baik

Ini adalah sebagian dari ucapan-ucapan yang baik bagi kita insan yang beriman , yaitu : Ketika masuk kelas ( bagi pelajar , mahasiswa ) , ketika masuk ruangan kantor ( bagi karyawan ) . Ucapkan : “Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh “.

Ketika kita hendak memulai sesuatu pekerjaan , hendaklah kita menyebut nama Allah. Karena kita beriman kepada Allah .Misalnya kita akan memulai membuka buku pelajaran , buku adminitrasi kantor , memulai membuka barang dagangan . Kita harus membaca : ” Bismillahir rahmanir rahiim “. 

Dan jika selesai mengerjakan sesuatu pekerjaan , hendaklah kita berterima kasih kepada Allah.Misalnya ketika selesai makan , minum , kita harus mengucapkan : ” Alhamdulillah”. 

Bila kita bertemu dengan teman , tetangga , saudara , sanak famili . Kita mengucapkan salam : ” Assalamu’alaikum ” . Dan orang yang menerima salam itu harus pula ( wajib ) menjawabnya dengan yang lebih baik . Ucapannya : “Wa ‘alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh.” 

Jikalau kita berjanji dengan seseorang , maka janji itu mesti ditepati . Misalnya teman berkata : ” Nanti sore datang ya kerumahku . Maka kita menjawab : ” Insyaa Allah .” Apabila kita melihat sesuatu yang sangat mengherankan atau menakjubkan , maka kita harus mengucapkan : ” Masyaa Allaah ” .Ketika kita mendengar khabar musibah yang menimpa seseorang , maka kita mengucapkan : ” Inna lillaahi wa inna ilaihi raajiuun .” ***

This entry was posted in Akhlak. Bookmark the permalink.