SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA

Assalamualaikum w.w. Bismillahirramanirrahim. Allahumma shalli wassalim ala sayyidina Muhammad. Pertama-tama kita ucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat kepada kita antara lain, nikmat iman,nikmat Islam, nikmat panjang umur, nikmat sehat wal afiat dan nikmat-nikmat yang lainnya yang begitu banyak Allah berikan kepada kita. Saking banyaknya sampai kita tidak bisa menghitungnya dan sesungguhnyalah kita tidak akan sanggup untuk menghitungnya.

     Shalawat dan salam kita mohonkan semoga tercurah kepada junjungan kita, junjungan umat, nabi termulia,Rasul paling agung yaitu Baginda Nabi besar sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya, beserta para Sahabatnya. Dan kepada kita selaku umat beliau sampai akhir zaman.
     Saudaraku sidang pembaca yang budiman surat Al-Mulk adalah surat yang berada pada urutan ke-67 (enam puluh tujuh) dalam Al-Qur`an. Surat ini termasuk golongan surat makiyah terdiri dari 30 (tiga puluh) ayat dan diturunkan sesudah surat Ath-Thur. Nama Al-Mulk diambil dari kata Al-Mulk yang terdapat pada ayat pertama dalam surat ini. Kata Al-Mulk berarti kerajaan atau kekuasaan. Surat ini sering juga disebut Tabarak yang berarti maha suci.
     Saudaraku, pokok-pokok isi kandungan yang terdapat dalam surat Al-Mulk menjelaskan beberapa hal, yaitu menerangkan bahwa hidup dan mati adalah merupakan ujian bagi manusia. Allah menciptakan langit dengan berlapis-lapis dan semua dari ciptaanNya mempunyai keseimbangan, perintah Allah kepada manusia supaya mereka merenungkan tentang penciptaan alam semesta ini. 
     Disamping itu dijelaskan pula tentang adzab Allah yang akan diberikan kepada orang-orang kafir. Dan tentang janji Allah yang akan dberikan kepada orang mukmin. Juga dijelaskan bahwa Allah menjadikan bumi ini sedemikian rupa hingga mudah bagi manusia mencari rezeki didalamnya dan tentang peringatan Allah, bahwa didunia ini banyak manusia yang kurang bisa mensyukuri nikmat Allah.
Saudaraku, ada beberapa fadhillah (keutamaan) yang terdapat dalam surat Al-Mulk ini, antara lain:
?. Dapat menyelamatkan pembacanya dari siksa kubur. Dalam sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas`ud, Nabi SAW pernah bersabda:
(Artinya):” Barangsiapa yang membaca surat Tabarakalladzi biyadihil mulk setiap malam, maka Allah akan menyelamatkannya dari siksa kubur.” (HR:Nasa`i)
Dalam riwayat yang lain, Ibnu Abbas juga meriwayatkan sebuah Hadist sebagaimana berikut:
(Artinya):” Surat Tabarok disebut surat Al-Munjiyah, yaitu surat yang dapat menyelamatkan dari siksa kubur.”  (HR:Turmidzi)

?. Surat Al-Mulk dapat memberikan syafaat kepada pembacanya besok pada hari Kiamat.
Nabi SAW pernah menjelaskan dalam sebuah Hadist.
(artinya):” Sesungguhnya ada satu surat didalam Al-Qur`an yang berisi tiga puluh ayat ia akan memberi syafaat kepada seseorang hingga ia diampuni, yaitu Tabarakalladzi biyadihil mulk.” (Al-Hadist)

?. Jika surat ini dibaca menjelang tidur, maka Allah akan menetapkan bagi pembacanya 30 kebaikan, mengampuni 30 kejelekkan, meninggikan 30 derajat, dan akan mendapatkan naungan  dari malaikat, sekaligus Allah akan menyelamatan dari siksa kubur dan siksa mahsyar.

. Perhatikan Hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra berikut ini:
(artinya):” Sesungguhnya aku tidak memjumpai didalam kitab Allah sebuah surat yang terdiri dari 30 ayat. Maka barangsiapa yang membaca surat tersebut menjelang tidur, maka dengan bacaannya itu, Allah akan menetapkan tiga puluh kebaikan baginya, dihapusnya tiga puluh kejelekan, ditinggikan baginya tiga puluh derajat dan Allah akan mengutus seorang malaikat dari sekian banyak malaikat untuk mengembangkan sayapnya untuk menjaga orang tersebut dari segala kejahatan hingga dia bangun. Surat ini juga menolak siksa kubur dan mahsyar. Dialah surat Tabarakalladzi biyadihil mulk.”  (HR:Ad-Dailami)

?. Surat Al-Mulk dapat mengeluarkan pembacanya dari dalam neraka untuk memasuki syurga.
.Nabi SAW pernah menjelaskan sendiri tentang fadhillah (keutamaan) ini dalam sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra sebagai berikut:
(Artinya):” Sesungguhnya ada satu surat didalam Al-Qur`an yang isinya 30 ayat, yang dapat memberikan syafaat kepada seseorang pada hari Kiamat, yang mengeluarkan pembacanya dari Neraka dan akan memasukkannya kedalam syurga. Surat tersebut adalah surat Tabarok.” (Al-Hadist)

     Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Melihat begitu agung fadhillah dan keutamaan surat Al-Mulk ini, sampai sampai Nabi SAW tidak mau tidur sebelum membaca surat ini dan surat As-Sajdah. Subhanallah! Dalam sebuah Hadist juga diterangkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:
(Artinya):” saya sangat senang jika surat Al-Mulk terdapat didalam hati setiap mukmin.” (HR:Hakim)
. Kembali kepada sebuah Hadist yang diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda:
(Artinya):” Sesungguhnya dalam Al-Qur`an ada 30 (tigapuluh) surat yang bisa memberikan syafaat pada seseorang hingga dosa-dosanya diampuni. Salah satunya yaitu: Maha suci Allah yang ditanganNyalah segala kerajaan”.  (QS:Al-Mulk:1)
( Dan Hadist ini riwayat Imam Ahmad, Ibnu Hibban dan Al-Hakim dengan sanad shahih.)

   Saudaraku, sekarang kita simak sebuah Hadist dari Ibnu Abbas ra diriwayatkan bahwa beberapa orang Sahabat tanpa sengaja mendirikan tenda diatas kuburan. Disana ada orang yang membaca Surat Al-Mulk hingga selesai. Mereka bergegas menemui Rasulullah SAW:” Rasulullah, aku dirikan kemah diatas kuburan,tapi aku tidak tahu bahwa itu adalah kuburan. Disana ada orang membaca surat Al-Mulk hingga selesai.” Itulah pencegahnya. Surat itulah yang membuat orang selamat dari siksa kubur.” Jawab Rasulullah SAW  (HR:Turmidzi)

    Sampai disini saya sudahi dulu tulisan (Religius) ini semoga bermanfaat. Menjadikan sebagai tambahan ilmu, menambah wawasan dan insya Allah imanpun menjadi bertambah mantap, sehingga mudahlah kita melaksanakan segala perintah-perintahNya serta tangkaslah kita untuk menjauhkan sejauh-jauhnya segala larangan-laranganNya. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita insya Allah dikesempatan lain, tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
* Bahan-bahan (materi) diambil dan dikutip dari buku: Rahasia Dibalik 99 Butiran Tasbih. Oleh:Asrifin An Nakhrawie,S.Ag dan buku: Terapi Dzikir (Mengusir Kegelisahan& Merengkuh Ketenangan Jiwa. Oleh:Dr.Abdul Halim Mahmud.*
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website:www:Hajisunaryo.com*

 

This entry was posted in Alquran. Bookmark the permalink.