PENGERTIAN MALAIKAT NAMA-NAMA DAN TUGAS-TUGAS MALAIKAT

Saudaraku sesama muslim

Percaya kepada Malaikat termasuk rukun Iman yang kedua. Iman artinya percaya ( yakin ). Maksudnya, kita harus mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menciptakan mahluk yang bernama Malaikat.
Saudaraku, pada tulisan (artikel) religius saya kali ini sedikit saya akan menulis setentang pengertian Malaikat, nama serta tugas mahluk ghaib yang suci ini. Malaikat adalah suatu mahluk ghaib yang diciptakan oleh Allah SWT dari Nur ( cahaya ).
·        Nabi Muhammad SAW bersabda :
“ Malaikat itu diciptakan dari cahaya.”  ( HR Muslim )
Karena Malaikat termasuk mahluk ghaib, maka Malaikat tidak dapat diraba dengan tangan, tidak dapat dilihat dengan mata dan tidak juga dapat didengar dengan telinga seperti halnya manusia. Namun, kita wajib beriman kepada Malaikat. Orang yang tidak mempercayai adanya Malaikat berati ia telah mengingkari ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadist. Dengan demikian, orang tersebut tidak layak disebut seorang mukmin atau muslim.
·        Perhatikan Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an :
 “ Dan orang-orang beriman, semuanya percaya kepada Allah dan Malaikat-Malaikat-Nya…”       ( QS Al-Baqarah : 285 )
Saudaraku, Allah SWT itu Maha Kuasa, karena Dialah yang menciptakan mahluk yang kasar        ( yang dapat dilihat dengan mata ) seperti manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan. Selain itu, Allah SWT pula yang menjadikan mahluk yang tidak dapat dilihat oleh mata ( mahluk ghaib ) diantaranya adalah yang bernama Malaikat. Allah SWT menjelaskan didalam Al-Qur’an bahwa Malaikat itu diciptakan oleh Allah lebih dahulu daripada manusia ( Adam AS ).
·        Firman-Nya :
“ Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat. Sesungguhnya Aku akan menjadikan seorang Khalifah (manusia) dimuka bumi ini.” ( QS Al-Baqarah : 30 )
           
Saudaraku sesama muslim.
Malaikat itu jumlahnya banyak sekali. Tidak ada seorangpun manusia yang dapat mengetahui jumlah Malaikat, kecuali Allah SWT.
·        Perhatikan Firman Allah SWT berikut ini :
“ Dan tidak ada seorangpun yang mengetahui jumlah tentara Tuhanmu ( Malaikat ) kecuali Dia        ( Allah ).” ( QS Al Muddatstsir : 31 )
Adapun Malaikat yang wajib kita ketahui dan kita imani hanya 10  (sepuluh) Malaikat. Dan kesepuluh Malaikat itu adalah :
1. Malaikat Jibril
2. Malaikat Mikail
3. Malaikat Isrofil
4. Malaikat Izroil
5. Malaikat Rakib
6. Malaikat Atid
7. Malaikat Munkar
8. Malaikat Nakir
9. Malaikat Malik
10. Malaikat Ridwan
Malaikat adalah mahluk yang selalu patuh dan setia kepada Allah SWT. Mereka tidak pernah menentang setiap perintah Allah, kapan saja di perintah-Nya. Setiap perintah Allah selalu mereka (Malaikat) kerjakan dengan baik. Diantara Malaikat-Malaikat ada yang disebut Malaikat Muqarrobin ( yaitu Malaikat yang amat dekat hubungannya dengan Allah ). Malaikat tidak pernah durhaka kepada Allah SWT. Oleh karena itu, para Malaikat disebut juga mahluk suci.
·        Firman Allah SWT :
“…. mereka tidak pernah durhaka terhadap apa yang diperintahkan Allah, serta mereka mengerjakan dengan taat segala apa yang diperintahkan kepadanya.” ( QS At Tahrim : 6 )
Tugas para Malaikat itu sangat banyak, diantaranya adalah :
         Tugas Malaikat Jibril, menyampaikan wahyu kepada Nabi dan Rosul Allah. Mengantar Nabi Muhammad SAW ketika Isra’ mi’raj.
         Tugas Malaikat Mikail, menyampaikan rezeki kepada setiap mahluk.
         Tugas Malaikat Isrofil, meniup sangkakala (terompet) dalam tiga peristiwa : Yaitu pada saat terjadi Kiamat, membangkitkan manusia dari alam kubur dan pada saat manusia dipanggil untuk diperiksa dan diadili oleh Allah SWT.
         Tugas Malaikat Izroil, mencabut nyawa seluruh mahluk apabila ajal mahluk tersebut telah tiba.
         Tugas Malaikat Munkar, dan Malaikat Nakir, menanyai manusia di alam kubur.
         Tugas Malaikat Rakib, mencatat semua perbuatan baik manusia ketika hidup didunia.
         Tugas Malaikat Atid, mencatat semua perbuatan buruk manusia ketika hidup didunia.
         Tugas Malaikat Malik, menjaga Neraka.
         Tugas Malaikat Ridwan, menjaga dan memelihara Syurga.
Saudaraku, sampai disini saya akhiri dulu tulisan (artikel) religius saya. Terima kasih atas perhatian, jumpa lagi kita InsyaAllah pada tulisan saya mendatang, tentu saja dengan materi dan judul yang berbeda…
( Bahan-bahan (materi) diambil dan dkutip dari buku PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (materi sesuai kurikulum 1994 dengan orientasi budi pekerti) oleh : Drs. H. Hasan Baihaqi, Af. Penerbit PT. Sarana Panca Karya Nusa. Bandung )
This entry was posted in Malaikat. Bookmark the permalink.