MASALAH MINUMAN KERAS SELAIN KHAMER

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Taufik dan Hidayah-Nyalah saya dapat menulis ( menyusun ) artikel religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Yang dimaksud dengan minuman yang haram ialah jenis minuman yang dilarang untuk diminum bagi orang Islam, karena jenis minuman itu baik secara dzatnya maupun secara hukmiah mengandung kerusakan bagi jasmani dan rohani manusia.
Dasar hukum diharamkannya minuman, adalah Firman Allah SWT : ( Artinya ) : ” Sesungguhnya minum khamer, berjudi, (berkorban untuk) berhala , mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syetan. Karena itu, jauhilah perbuatan – perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. ” ( QS : Al Maidah : 90 ) .
Jenis-jenis minuman yang haram selain amat banyak diantaranya : Segala minuman yang dapat memabukkan, segala minuman yang najis , seperti air kencing , darah dan sebagainya. Segala minuman yang membahayakan seperti racun dan sebagainya. Segala minuman yang berasal dari binatang yang haram, seperti air susu anjing , susu kucing , susu babi dan sebagainya.
Untuk masa sekarang jenis minuman yang haram atau minuman keras, banyak sekali ragamnya, namun pada garis besarnya dapat dapat dibedakan atas dua bagian:
1. Berupa bahan cair, seperti : Bir , Brendy , Whisky, Wine, dan lain – lain minuman keras yang dapat memabukkan.
2. Selain bahan cair, seperti ganja, candu, morphin, dan sebagainya dapatkan memabukkan.
Semua yang tersebut di atas adalah haram diminum, bila seseorang tetap menyerang larangan tersebut, maka disamping ia akan menderita kerusakan phisik dan mentalnya, maka ia akan mendapat dosa besar, dan haram masuk syurga.
Sebagaimana ditegaskan oleh Rasulullah SAW : ( Artinya ) : ” Segala sesuatu yang memabukkan itu haram. ” ( HR : Bukhari, Muslim , Abu Daud, dan An Nasa’i ).
Ganja dan sebangsanya juga haram. Peminumnya wajib di kenakan hukum sebagaimana Peminum khamar, ini menurut pendapat sebagian Ulama.
Ibnu Taimiyah menyatakan bahwa peminum ganja dihukumkan kafir. Ulama Hambali dan Ulama Syafi’iyah berpendapat bahwa ganja hukumnya najis seperti khamer.
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : FIQIH. Untuk Madrasah Aliyah
Oleh : Drs Moh Rifa’i dan Drs Rs Abf Aziz. *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
***

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.