MA’MUM MASBUQ ( KETINGGALAN SHALAT JUM’AT )

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan serta hanya kepada-Nya kita memohon ampunan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Ma’mum yang terlambat dalam menjalankan jum’at yakni hanya dapat berjamaah shalat jum’at satu raka’at saja hendaklah ia menambah shalatnya satu raka’at lagi dan shalatnya dihukumkan seperti shalat jum’at yang sempurna.
Perhatikan Hadist Nabi SAW : ( Artinya ) : ” Dari Ibnu Umar ra ia berkata, Rasulullah SAW bersabda : ” Barangsiapa yang keburu ( kebagian) sembahyang jum’at dan lainnya satu raka’at, hendaklah ia tambah kekurangan raka’atnya, maka ia telah sempurna sembahyangnya. ” ( HR : Nasa’i, Ibnu Majah , Daruquthni, dan lafadz ini adalah riwayat Daruquthni dengan sanad yang shahih , tapi Abu Hatim menguatkan mursalnya ).
Ma’mum yang tidak dapat berjamaah mencapai satu raka’at, hendaklah meneruskan shalatnya empat raka’at dan shalatnya menjadi shalat Dzuhur dan niatnya tetap shalat jum’at.
Bagi orang laki-laki yang ketinggalan shalat jum’at tanpa udzur wajiblah atasnya sembahyang Dzuhur. Dan tidak syah sembahyang Dzuhurnya ini jika dilakukan sebelum selesainya orang melakukan shalat jum’at ( Lihat kitabul Ummi juz 1 halaman 90 ).
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang tlain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : FIQIH. Untuk Madrasah Aliyah. Oleh : Drs H. Moch Rifa’i dan Drs Rs Abd Aziz *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
***

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.