KHUTBAH NIKAH

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Taufik dan Hidayah-Nyalah saya dapat menulis ( menyusun ) artikel religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Khutbah nikah adalah merupakan salah satu perkara yang ‘mandubah’ atau ‘sunnah’ diucapkan sebelum aqad nikah dilangsungkan. Demikian menurut para imam mazhab yang empat.
Adapun kedudukan hukumnya adalah sunnat, baik untuk dilaksanakan.
Menurut Imam Syafi’i, disunnatkan, Khatib berkhutbah dua kali, keduanya dilaksanakan sebelum akad nikah dilangsungkan.
Khutbah dengan memuji Allah dan diakhiri dengan doa dan nasehat untuk kedua mempelai.
Disunnatkan pula bagi wali ketika melaksanakan ijab didahului dengan khutbah ketiga yakni membaca tahmid ( puji – pujian ) kepada Allah dan shalawat atas Nabi SAW, lalu mengatakan seumpama : ” Aku senang menerima kamu sebagai keluarga kami. ” Kemudian dilaksanakan ijab.
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : FIQIH. Untuk Madrasah Aliyah. Oleh :Drs H. Moch Rifa’i dan Drs Rs Abd Aziz *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
***

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.