INGKAR KEPADA BA’ATS

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan serta hanya kepada-Nya kita memohon ampunan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Ingkar kepada ba’ats, artinya tidak percaya sama sekali bahwa nantinya itu akan terjadi Hari Kiamat, kemudian seluruh makhluk dihidupkan lagi setelah matinya, hal sedemikian itu bukannya sekarang saja adanya. Sejak zaman dahulupun faham semacam tersebut diatas itu memang telah ada dan berurat-akar didalam hati sementara manusia yang oleh Allah kiranya telah dicap mata hatinya dan ditakdirkan akan menjadi manusia celaka diakhirat.
Dalam pada itu, Al-Qur’an Al-Karim juga menyebutkan golongan mereka itu Al-Qur’an Al-Karim juga menyebutkan tetapi juga menunjukkan obatnya, Allah SWT berfirman : ( Artinya ) : ” Orang – orang yang tidak percaya itu berkata : Hidup itu adalah hidup kita didunia ini saja, kita disini mati dan juga hidup dan tidak ada yang membinasakan kita melainkan zaman ( lamanya usia ) . Tetapi tentang hal itu mereka memang tidak mempunyai pengetahuan, karena mereka hanyalah mengira-ngirakan belaka.
Apabila dibacakan pada mereka keterangan – keterangan Kami yang jelas itu, tiadalah bantahan mereka, melainkan berkata : ” Datangkanlah…yakni hidupkanlah kembali ( nenek moyang kita, jikalau yang kamu katakan itu memang benar ! ). Katakanlah : Allah itulah yang menghidupkan kamu, kemudian lalu mematikan kamu , akhirnya kamu dikumpulkan pada Hari Kiamat. Hal ini tidak perlu diragu-ragukan lagi, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya. ” ( QS : Al – Jatsiyah : 24 – 26 ) .
Menilik firman Allah SWT dimuka , kiranya sudah jelas, apa sebabnya orang – orang itu tidak suka percaya kepada adanya ba’ats. Ringkasnya ialah bahwa sebab-sebabnya itu karena mereka masih belum beriman dengan semantap-mantapnya, bahwa Allah SWT itu Maha Agung, Maha Kuasa, Maha Mengetahui serta Maha Bijaksana. Bahkan orang – orang itu tentunya tidak mengerti akan kejadian dirinya sendiri, padahal dirinya sendirilah yang dapat digunakan sebagai bukti yang sekuat – kuatnya, jadi tanda yang senyata-nyatanya untuk melenyapkan keingkaran mereka terhadap ba’ats itu. Apakah orang – orang yang masih ingkar itu tidak mengerti pada permulaan kalinya, Allah jualah yang menciptakan dirinya, memberikan kehidupan kepadanya dan selanjutnya jikalau waktunya telah tiba, lalu mematikannya. Allah SWT yang Maha Kuasa berbuat sedemikian ini, apakah kiranya tidak kuasa pula jikalau hendak menghidupkannya sekali lagi, sekalipun bagian-bagian tubuhnya telah rusak binasa dan hancur luluh, kemudian mengumpulkan semuanya itu menjadi satu kembali pada Hari Kiamat nanti, walaupun menurut akal manusia sudah tidak karuan lagi bendanya, baik tulang – tulangnya, dagingnya, otot-ototnya, rambut – rambutnya dan lain – lain sebagainya. Padahal sebenarnya adalah sama saja, yakni bahwa semua itu terjadinya adalah dengan sebab kekuasaan Allah SWT yang tidak terbatas agung dan luasnya itu.
Jikalau ini telah dipahami, apakah masih ada yang hendak memuhalkan adanya ba’ats tersebut?.
Allah SWT berfirman : ( Artinya ) : ” Dan Allah itulah yang memulai menciptakan makhluk kemudian mengembalikannya ( yakni menghidupkannya sekali lagi setelah mati ) dan menghidupkannya lagi itu adalah lebih mudah bagi Allah. Bagi Allah itu adalah sifat yang terluhur dalam langit dan bumi dan Dia adalah Maha Mulia lagi Bijaksana. ” ( QS : Ar-Rum : 27 ) .
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : INILAH HARI PEMBALASAN. Oleh : Moh. Abdai Rhathomy *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
***

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.