Template
Template Template
Template Wednesday, 22 October 2014 Template

Galeri

2.jpg

Memperkenalkan Karya H. Sunaryo A.Y.

 

Sidang pembaca, tahukah antum bahwa penulis website: http://hajisunaryo.com (sudah lebih kurang 200 (dua ratus) judul tulisan bernafaskan Islam (religius) ditulis beliau) sebelum tulisan-tulisannya terfokus kepada artikel-artikel religius yaitu bacaan bernafaskan Islam untuk tujuan Syiar dakwah adalah seorang penulis Cerpen dan Novelis yang religius, artinya: disetiap tulisannya baik itu Cerpen maupun Novel selalu diselipkan dakwah mengingatkan pembaca agar tidak terbuai oleh gemerlapnya dunia yang fana sehingga melupakan akhirat.
Padahal akhirat tujuan terakhir kita dan Syurga atau Neraka adalah tempat tinggal kita yang abadi (kekal) untuk selama-lamanya. Dan penulis H. Sunaryo A.Y disetiap Cerpen atau Novel yang ditulisnya juga senantiasa menyelipkan dakwah mengajak pembaca ikut menyebarluaskan nilai-nilai Islam sehingga tidak ada lagi individu-individu (orang Islam) yang menyembah selain kepada Allah SWT.
Ingat (kata penulis): Dosa yang tidak terampuni adalah menyekutukan Allah. Memang sekarang beliau tidak lagi menulis Cerpen dan Novel karena karya-karyanya sudah terfokus pada tulisan-tulisan (artikel) reigius bacaan untuk syiar dakwah Islam. Namun sengaja saya perlihatkan sebagai contoh beberapa buku (Novel) karya H. Sunaryo A.Y. kali ini berjudul: SUMIRAH berikut ini.
September 2014
Dany Wicaksono, S. Kom
 
Template
“ BAGAIMANA PEMBUKTIAN HARI AKHIR (KIAMAT) MENURUT TEORI ILMU ALAM?” PDF Print E-mail
Written by H. Sunaryo A.Y.   
Thursday, 31 January 2013 07:53
    Assalamualaikum, saudaraku sidang pembaca yang budiman. Selamat berjumpa kembali (lewat tulisan) kali ini sesuai judul artikel (religius) ini tersebut diatas, semoga bermanfaat, menjadi sebagai tambahan ilmu dan yang paling diniatkan oleh penulis hendaknya nilai-nilai Islam kian dapat tersebarluaskan.
      Saudaraku, bahwa setiap orang beriman, tepatnya (khususnya) setiap muslim, setiap mukmin meyakini akan datangnya hari kiamat. Bahwa datangnya hari tersebut (kiamat) tidak seorang manusiapun mengetahuinya, karena itu adalah rahasia Allah SWT. Sesuai FirmanNya:

Artinya:” Sesungguhnya hari kiamat itu akan datang. Aku merahasiakan (waktunya) agar supaya tiap-tiap diri itu dibalas dengan apa yang ia usahakan.” (QS:Toha:15)

     Namun sidang pembaca, manusia sebagai mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna dengan akal pikirannya dapat mengingat tanda-tanda hari kiamat yang telah dijelaskan oleh Allah SWT dan RasulNya dan dapat membaca fenomena alam serta membuktikannya melalui teori ilmu alam, diantaranya sebagai berikut:
Ⅰ. Menurut Astronomi, bumi yang kita diami ini, begitu pula planet-planet lain dari tata surya beredar diangkasa mengelilingi matahari. Peredaran itu berjalan rapi tanpa terjadi benturan, itu tiada lain karena diatur dengan sempurna oleh Sang Maha Pencipta. Sunnatullah itu berupa daya tarik-menarik antara bumi dengan matahari, maupun dengan planet-planet lain dengan perimbangan yang serasi. Namun menurut ilmu alam, daya tarik menarik itu tidak selamanya utuh. Kian lama kian surut, akhirnya habis sama sekali, maka dapat diabayangkan apa yang terjadi, andaikata suatu saat keseimbangan daya tarik-menarik itu telah tiada lagi, maka bumi kita ini akan bertubrukan dengan planet-planet lain atau meluncur dengan kecepatanyang maha dahsyat menubruk matahari. Kejadian ini dapat menjadikan semua yang ada dibumi ini akan hancur lebur sebagaimana dijelaskan dalam kitab suci Al-Qur`an (surat Al-Qori`ah ayat 1-5).


Ⅱ.Menurut geologi, bahwa bumi ini terjadi dari semacam gas panas (nebula). Dalam waktu jutaan tahun gas panas itu makin lama makin dingin, sehingga akhirnya membeku dan menjadi zat padat seperti yang terdapat pada kulit bumi. Tetapi dalam perut bumi yang besar itu masih tersimpan gas-gas panas yang menurut sifatnya berkembang dan mendesak kearah luar dan kulit bumi tidak meletus karena hanya ada tekanan udara atau atmosfir dari luar hingga tekanan dari luar seimbang adanya. Suatu saat terjadi tekanan gas panas dari dalam bumi sehingga terjadilah letusan gunung dan gempa. Setiap benda panas lama-lama akan menjadi dingin, demikian juga gas yang ada diperut bumi lambat laun akan cair dan beku,serta tekanannya akan berkurang, bahkan lenyap sama sekali. Peristiwa tersebut menyebabkan bumi ini pecah oleh tekanan atmosfir dari luar, tak ubahnya bagai telur diremas oleh tangan yang kuat, hingga isinyapun terpencar berhamburan, sebagaimana telah digambarkan dalam Al-Qur`an (surat Al-Zalzalah ayat 1-6)

Ⅲ. Para ahli fisika menerangkan bahwa letak matahari diperkirakan 150 (seratus lima puluh) kali 10 (sepuluh) pangkat enam kilometer jaraknya dari bumi,sinar matahari sampai kebumi memakan waktu selama 8 menit 20 sekon. Garis tengah matahari sama dengan 1,4 juta kilometer dan luas permukaannya 4 phi kali jari-jari kuadrat, sama dengan 4x22/7x700.000x700.600 km=616x1010 km. Para fisikawan telah menghitung energi matahari yang dipancarkannya sama dengan 5,7x1027 kalori per-menit dan mampu menyala selama 50 milyar tahun dengan panas 15 juta derajat celcius.

* Matahari dengan kondisi yang demikian, telah memberikan manfaat yang luar biasa besarnya untuk kehidupan manusia dan kehidupan mahluk lainnya dialam semesta ini. Melihat besarnya jasa matahari yang luar biasa tersebut, terselip pertanyaan yang seyogyanya kita merenung sebelum tidur. Diantaranya renungan itu ialah sebagai berikut:
. Bagaimana akibat dan dampak yang terjadi seandainya pada suatu saat matahari meredup dan berkurang cahayanya, bahkan jika matahari tidak bersinar lagi karena energi cahaya dan panasnya tiba-tiba habis.
. Bagaimana kalau malam itu tidak berganti siang, tidak ada angin, tidak ada awan sehingga hujan tidak turun sama sekali. Bersamaan dengan itu terjadi gunung-gunung meletus, ombak menggulung dan gempa dimana-mana dan hancurlah bumi ini...

     Saudaraku sesama muslim, sidang pembaca yang terhormat. Sebelum saya akhiri tulisan ini, terlepas dari teori manusia (teori ilmu alam) ini,ingin saya mengingatkan bahwa peristiwa yang terjadi pada hari akhir (kiamat) dahsyatnya diberitakan oleh Allah SWT dalam surat Az-Zalzalah.

. Perhatikan FirmanNya:

Artinya:” Apabila bumi digoncangkan dengan goncangannya (yang dahsyat). Dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandungnya). Dan manusia bertanya: Mengapa bumi (jadi begini)?” Pada hari itu bumi menceritakan beritanya. Karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang demikian itu) kepadanya. Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka..(QS.Az-Zalzalah:1-6)

    Kejadian hari akhir (kiamat) itu hebat dan dahsyat, sehingga tidak bisa diukur dan dikira-kira berdasarkan perhitungan. Pada hari itu wanita-wanita yang sedang hamil mendadak melahirkan dan wanita yang sedang menyusui bayinya lupa kepada anaknya. Mereka bingung ketakutan dan seperti sedang mabuk, karena menyaksikan bumi bergoncang sehebat-hebatnya dan gunung-gunung beterbangan bagaikan kapas ditiup angin.
     Sampai disini saya akhiri tulisan ini. Terima kasih atas segla perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan dan kekhilafan. Jumpa lagi kita insya Allah dikesempatan lain dengan artikel (religius) saya yang lain. Wa afwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

* Bahan-bahan (materi) diambil dan dikutip dari buku: Pendidikan Agama Islam Untuk SMU (SMK) kelas Ⅲ. Disusun oleh: Direktorat Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Umum Departemen Agama

* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website:www:Hajisunaryo.com*

...







 
Template
Template Template Template
 

Pesan


Shoutbox
Template Template