HUKUM TABARRUJ ADALAH HARAM

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Apa arti Tabarruj? Tabarruj berarti tindakan seorang wanita yang memperlihatkan perhiasan dan keindahan tubuhnya kepada laki-laki yang bukan mahramnya, yang mana syariat telah mewajibkannya untuk ditutup.
Dengan demikian, tabarruj berarti membuka dan memperlihatkan perhiasan dan bagian-bagian yang mengundang nafsu, seperti kedua lengan, betis, dada, leher dan wajah.
Syaikh Abdul A’la al Maududi berkata : ” Jika kata Tabarruj itu ditujukan bagi wanita, berarti kata ini memiliki tiga pengertian :
1. Tindakan memperlihatkan kecantikan wajahnya dan bagian-bagian tubuhnya yang mengundang birahi laki-laki yang bukan mahramnya.
2. Memperlihatkan keindahan pakaian perhiasannya kepada laki-laki yang bukan mahramnya.
3. Memperlihatkan dirinya melalui cara berjalan, kegenitan, dan kesombongannya kepada mereka. ” ( Tafsir Asyaatil Hijaah ( hal 13 ) karya Abdul A’la Al Maududi ) .
Tabarruj haram hukumnya, baik didalam Al-Qur’an maupun sunnah Nabi SAW, serta Ijma’ (, kesepakatan) kaum Muslimin . Dengan demikian keseluruhan tubuh wanita itu adalah aurat yang tidak boleh sedikitpun dilihat oleh orang – orang yang bukan mahramnya baik itu anggota tubuh rambut perhiasan, maupun pakaian dalam.
Adapun apa yang dilakukan oleh mayoritas kaum wanita sekarang ini, baik itu berdandan, bersolek, memperlihatkan perhiasan, dan emas , hal tersebut tidak lain adalah upaya melakukan kemaksiatan secara terang-terangan, sekaligus sebagai tindakan menyerupai wanita – wanita kafir dan juga dimaksudkan untuk menimbulkan fitnah.
Yang demikian itu, karena kepergian seorang wanita dari rumah dengan kepala, leher, lengan, atau betis terbuka merupakan kemungkaran yang paling berbahaya serta menyalahi ketetapan syariat yang suci.
Demikian juga dengan kepergian mereka dari rumah dengan menggunakan pakaian mencolok atau pakaian tipis ( tembus pandang ) yang tidak menutupi bagian tubuhnya, maka semuanya itu termasuk tindakan Tabarruj yang diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya. ( Lihat kitab al-Irsyaad
ilaa Thariiqin Najaah ( hal 48 ).
Termasuk dosa besar sekaligus fitnah yang paling berbahaya adalah apa yang dilakukan mayoritas kaum wanita sekarang ini, yakni ketika mereka keluar rumah dalam keadaan bersolek ria yang dibarengi dengan taburan hiasan, parfum, dan berbaur dengan laki – laki ( bukan mahram ). Yang semuanya itu akan mendatangkan murka Allah dan memancing kemarahan-Nya.
Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : HAK DAN KEWAJIBAN WANITA MUSLIMAH. Oleh : Abdullah bin Jarullah bin Ibrahim al Jarullah. *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
***

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.