BINATANG APA SAJA YANG HARAM DIMAKAN ? ( Bagian Pertama )

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Bimbingan-Nya lah saya dapat menyusun artikel religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Binatang yang tidak halal dimakan dagingnya ialah :
* Sebab -sebab haramnya makanan. Sebab – sebab pokok haramnya makanan itu ada empat :
– Sebab ada nash Al-Qur’an atau Hadist.
– Sebab disuruh membunuhnya
– Sebab dilarang membunuhnya, seperti kodok ( katak ).
– Sebab keji ( kotor , menjijikkan )
* Dasar hukum haramnya makanan :
1. Diharamkannya sebab ada nash dalil Al-Qur’an, yaitu Firman Allah SWT : ( Artinya ) : ” Diharamkan atas kamu ( makan ) bangkai dan darah, dan daging Babi dan apa-apa yang disembelih karena yang lain dari Allah dan yang ( mati ) dicekik, dan yang ( mati ) jatuh dari atas, dan yang ( mati ) ditanduk, yang ( mati) ditolak binatang buas, kecuali barang yang kamu ( sempat ) sembelih, dan binatang – binatang yang disembelih atas nama berhala. ” ( QS : Al Maidah : 3 ) .
2. Binatang-binatang yang di suruh membunuhnya, yaitu :
– Tikus
– Kalajengking
– Burung Elang
– Anjing penggigit
– Bengkarung/kadal, ( semacam binatang berbisa, yang berkaki empat, yang bentuknya seperti cicak, agak besar sedikit. )
Kita perhatikan Hadist Nabi SAW berikut ini : ( Artinya ) : ” Dari Aisyah ra berkata ia : ” Rasulullah SAW menyuruh membunuh lima macam binatang yang merusak dimusim halal ( biasa ) dan dimusim ihram, yaitu : tikus, kalajengking, gagak, elang, dan anjing penggigit. ” ( HR : Bukhari dan Muslim ) . ( BERSAMBUNG ).
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri dulu tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas Bagian Pertama. Kita nantikan penulisan selanjutnya Bagian Kedua pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : FIQIH. Untuk Madrasah Aliyah
Oleh : Drs. H. Moch Syafi’i dan Drs Rs Abd Aziz *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
***

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.