BILAKAH TIBANYA HARI KIAMAT ITU ?

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Tentang tibanya Hari Kiamat atau Yaumul Akhir itu sangat dirahasiakan sekali oleh Allah SWT dan oleh sebab itulah maka tiada seorang makhlukpun yang dapat mengetahuinya, baikpun ia seorang Rasul, Malaikat muqarrabin yakni yang amat dekat hubungannya dengan Allah SWT, apalagi yang selain mereka itu, sebagaimana kita manusia biasa ini. Allah SWT berfirman : ( Artinya ) : ” Sesungguhnya hanya Allah sendirilah yang memiliki ilmu ( pengetahuan ) perihal Hari Kiamat itu, juga Dialah yang menurunkan hujan serta Dia pula Yang Maha Mengetahui apa yang ada dalam rahim ( kandungan ) kaum wanita. ” ( QS : Lukman : 34 ) .
Zaman dahulu, para Sahabat pernah pula bertanya kepada Rasulullah SAW tentang kapan saat tibanya Hari Kiamat itu, bahkan ada pula yang ngotot sekali dalam menanyakannya itu, tetapi segenap kaum Sahabat beliau SAW itu tidak tidak ada seorangpun yang menerima jawaban dari apa yang diingini tadi dan satu-satunya jawaban yang diterima, ialah bahwa perkara tibanya Hari Kiamat itu semata-mata harus dikembalikan kepada Allah SWT sendiri, sebagaimana firman Allah SWT : ( Artinya ) : ” Ke hadirat Allah sendirilah dikembalikannya pengetahuan tentang soal Hari Kiamat itu. ” ( QS : Pusshilat : 47 ) .
Didalam Al-Qur’an Al-Karim ada pula soal jawab sebagai berikut : ( Artinya ) : ” Orang -orang bertanya kepadamu ( Muhammad ) perihal Hari Kiamat, bilakah saat tibanya. Katakanlah : Sesungguhnya pengetahuan tentang datangnya Hari Kiamat itu hanyalah disisi Allah, Tuhanku belaka. Tidak ada yang dapat memperlihatkan persoalannya mengenai waktunya itu, melainkan Allah sendiri. Kedatangannya Hari Kiamat itu membuat kesukaran bagi semua makhluk yang ada dilangit dan dibumi. Hari Kiamat itu tidak datang kepadamu semua, kecuali dengan sekonyong-konyong sekali. Orang – orang itu bertanya pada mu perihal Hari Kiamat, karena mereka mengira bahwa engkau mengerti saat tibanya. Katakanlah : Ilmu ( pengetahuan ) tentang tibanya Hari Kiamat ada dihadirat Allah jua, tetapi sebagian banyak dari manusia itu tidak mengerti. ” ( QS : Al – A’raf : 187 ) .
Selain itu, menurut Hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar ra Rasulullah SAW bersabda demikian : ” Konci-konci perkara – perkara ghaib itu ada lima, yakni tidak ada yang dapat mengetahui lima perkara itu, kecuali Allah sendiri : Sesungguhnya hanya Allah yang memiliki ilmu ( yakni mengetahui ) perihal Hari Kiamat, Dia yang menurunkan hujan, Dia Maha Mengetahui apa yang ada didalam rahim wanita, tidak seorangpun yang mengetahui apa yang akan dikerjakan esok hari dan tidak seorangpun yang mengetahui akan meninggal dunia dibumi mana nantinya. ” ( Al-Hadist ) .
Menilik ayat-ayat dan Hadist – hadist diatas, kiranya sudah lebih dari jelas, bahwa Rasulullah SAW sendiri tidak dapat mengetahui kapan akan tibanya Hari Kiamat itu. Hanya saja beliau SAW menyabdakan bahwa masa tibanya itu sudah dekat, sebagaimana yang tersebut dalam sebuah Hadist dari Sahabat Anas ra, sabda beliau SAW sebagai berikut : ( Artinya ) : ” Saya diutus dan saat tibanya Hari Kiamat itu jaraknya sebagaimana dua benda ini ( dan beliau SAW menunjukkan dengan kedua buah jarinya ) yakni jari penunjuk dan jari tengah. ” ( HR : Turmidzi ) .
Juga dari Ibnu Umar ra, sabdanya Rasulullah SAW sebagai berikut : ( Artinya ) : ” Sesungguhnya saja jarak waktumu semua ( hingga Hari Kiamat ) bila dibandingkan dengan waktu segenap umat yang sebelummu itu adalah sebagaimana waktu antara shalat Ashar sehingga shalat maghrib. ” ( HR : Bukhari dan Muslim ) .
Saya akhiri tulisan religius ini, terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : INILAH HARI PEMBALASAN. Oleh : Moh. Abdai Rhathomy *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
***

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.