APA PENGERTIAN WALIMAH ITU ?

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun artikel religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Shalawat Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Walimah adalah kenduri yang dilaksanakan dalam pernikahan atau sesudahnya. Perayaan pernikahan disebut “Walimatul ‘Ursy ” .
Menurut jumhur Ulama, mengadakan walimah itu hukumnya ‘ sunnat ‘ bukan wajib, karena walimah itu adalah pemberian makanan lantaran mendapat kegembiraan, seperti mengadakan pesta-pesta dan lain-lain. Dasar hukumnya adalah Hadist Nabi SAW dari Anas ketika Nabi melihat upacara pernikahan Abdurrahman bin ‘Auf, beliau bersabda : ( Artinya ) : ” Semoga Allah memberkatimu. Adakanlah walimah meskipun hanya dengan seekor kambing,” ( HR : Bukhari
dan Muslim ) .
Walaupun hukum walimah itu sunnat tetapi orang yang diundang dalam upacara walimah,’ wajib’ menghadirinya, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW : ( Artinya ) : ” Dari Ibnu Mas’ud ra berkata ia : ” Bersabda Rasulullah SAW : ” Makanan walimah hari pertama, itulah yang hak dikabulkan, dan makanan hari kedua, adalah urusan biasa. Adapun makanan hari ketiga menjadi kebanggaan ( kesombongan ). Dan barangsiapa yang sombong, Allah sombong pula terhadapnya. ” ( HR : Turmidzi dan lain-lainnya. )
Walimah itu sangat dianjurkan. Selain tanda bersyukur , manfaatnya banyak, antara lain dengan hadirnya karib kerabat , keluarga, tetangga akan mempererat hubungan silaturahmi dan persaudaraan.
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : FIQIH. Untuk Madrasah Aliyah. Oleh :Drs H. Moch Rifa’i dan Drs Rs Abd Aziz *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
***

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.