AMALAN MANUSIA DITIMBANG ( Bagian Pertama )

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Amalan manusia yang pertama kali dihisab pada Hari Kiamat adalah shalat. Yakni sepanjang umurnya, berapa banyak shalat yang telah ditunaikannya dan berapa pula yang ditinggalkannya. Kemudian bagaimana keadaan shalatnya dan berapa banyak shalat nafil yang ia lakukan, karena shalat nafil akan menyempurnakan kekurangan pada shalat fardhu. Shalat itu akan datang dalam bentuk manusia. Apabila shalat dilakukan tanpa khusu’ dan khudhu’, maka ia seperti manusia yang tidak memiliki tangan dan kaki. Adapun shalat yang sempurna akan berwujud manusia yang sempurna pula, bahkan sangat cantik dan
menawan. Kemudian barulah ditanya mengenai amalan – amalan yang lain seperti puasa, haji, zakat, dan jihad. Juga ditanya tentang sejauh mana ia menjaga agama, ilmu dan pelanggaran terhadap hukum Allah SWT dalam jual beli mengambil hak orang lain. Maka orang – orang yang aniaya akan terus diusut perbuatan aniayanya sehingga kebaikannya habis untuk membayarnya. Apabila kebaikan sudah habis untuk membayarnya, maka keburukan orang yang dianiaya itu akan diberikan kepadanya. Sehingga ia menjadi penghuni neraka paling bawah, kecuali akidahnya, karena akidah itu tidak bisa diberikan kepada orang – orang yang dianiaya.
Dalam hal ini ada suatu hal yang khusus, yakni orang yang memberikan kebaikan kepada orang lain tanpa ganti apapun hanya karena tawakal kepada Allah SWT. Mengenai hal ini diceritakan dalam sebuah Hadist Nabawi tentang dua orang lelaki yang datang pada hari Kiamat. Salah seorang diantara mereka membawa kebaikan dan keburukan yang sama, sedangkan yang lain hanya mempunyai satu kebaikan. Maka ditanyakan kepada orang yang pertama : ” Carilah satu kebaikan agar timbangan kebaikanmu lebih banyak. ” Namun ia tidak berhasil mendapatkannya. Maka orang yang satu itu memberikan kebaikan satu – satunya yang dimilikinya dan ia bertawakkal kepada Allah SWT, dan mengharapkan Rahmat-Nya. Kemudian Allah SWT memasukkan mereka berdua ke Syurga berkat Karunia dan kemurahan Allah SWT.
Ibnu Umar ra meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, ( Artinya ) : ” Pada hari Kiamat didatangkan salah seorang dari umatku dengan disaksikan seluruh manusia, kemudian dibentangkan kepadanya sembilan puluh sembilan daftar catatan amal. Setiap satu daftar panjangnya sejauh mata memandang. Maka Allah SWT berfirman, ( Artinya ) : ” Apakah kamu mengingkari catatan dalam daftar ini, bahwa para malaikat pencatat menganiayamu? ” Ia berkata : ” Tidak, wahai Tuhan.” Allah berfirman : ” Apakah kamu hendak menyampaikan udzur ? ” Ia berkata : ” Tidak wahai Tuhan. ” Kemudian Allah berfirman : ” Ya, sesungguhnya disisi Kami, kamu mempunyai satu kebaikan, dan sesungguhnya pada hari ini kamu tidak akan dianiaya. ” Kemudian dikeluarkan untuknya satu kertas yang didalamnya terdapat tulisan : ( Artinya ) : ” Aku bersaksi sesungguhnya tidak ada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. ”
Orang itu berkata : ” Wahai Tuhan, apa artinya kertas ini dibanding daftar – daftar itu ? ”
Allah berfirman : ” Sesungguhnya kamu itu tidak akan dianiaya. ” Kemudian daftar-daftar itu diletakkan diatas timbangan, dan kertas tersebut diletakkan diatas timbangan yang lain, ternyata daftar-daftar itu kalah berat dibanding kertas-kertas tersebut. Tidak ada sesatu pun yang mengalahkan beratnya nama Allah SWT. ” ( HR : Turmidzi dan Al-Hakim ). ( Bersambung ) .
Saya akhiri dulu tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas Bagian Pertama. Kita nantikan penulisan selanjutnya Bagian Kedua pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : RAHASIA SETELAH KEMATIAN. Oleh : Maulana Muhammad Islam *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
***

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.